Senin, 20 Januari 2014

10 Tempat Ter-Ekstreme di Bumi

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





     Berada di tempat dengan suhu dan kondisi alam yang ekstreme tentunya akan membahayakan nyawa kita. Apalagi jika kita kurang persiapan, baik itu dalam hal fisik atau perlengkapan survival. Nah, berikut adalah sepuluh tempat paling ekstrem di bumi, yang tidak hanya menantang, tetapi juga berbahaya bagi keselamatan kita. Yuk kita simak bersama! :D
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
First-thing-first,

     Oymyakon adalah sebuah desa yang berada di Oymyakonsky Ulus, Republik Sakha, Rusia. Wilayah desa ini terletak di sepanjang sungai Indigirka, 30 kilometers dari barat laut Tomtor. Oymyakon dihuni oleh sekitar 800 orang dan dikenal sebagai tempat terdingin di bumi. Pada 26 Januari 1926, suhu desa ini mencapai -71,2 derajat Celcius. Ini adalah suhu terendah yang tercatat untuk setiap lokasi yang dihuni secara permanen di bumi dan juga merupakan suhu terendah yang tercatat di belahan bumi bagian utara.
Yang kedua

     
Dry Valleys adalah salah satu lembah di Antartika yang disebut sebagai tempat terkering di bumi. Lembah ini tidak pernah merasakan hujan selama lebih dari dua juta tahun. Bahkan Dry Valleys juga tidak mengandung uap air (air, es, atau salju).


Ketiga


      Laut mati adalah daerah terendah di permukaan bumi pada lahan kering. Permukaan dan pesisir daerah ini berada pada ketinggian 422 meter di bawah permukaan laut. Tujuan wisata yang populer ini berada di perbatasan Yordania dan Israel dan jalan di sekitar Laut Mati juga menjadi jalan paling rendah di bumi. Karena kandungan garam yang sangat tinggi, tidak ada organisme yang bisa hidup di Laut Mati. 


Keempat

     Dasht-e Lut atau juga dikenal sebagai Gurun Lut, merupakan sebuah gurun garam luas yang terbentang di tenggara Kerman, Iran, dan masuk dalam daftar 25 gurun terbesar di dunia. Suhu di gurun ini bisa mencapai 70,7 derajat Celcius, dan ini menjadi salah satu tempat terkering di dunia. Bagian terpanas dari gurun ini adalah Gandom Beryan, sebuah plato besar yang diselubungi lava hitam, dengan luas mencapai sekitar 480 kilometer persegi.



Yang Ke-5

     Marianas Trench adalah titik terdalam di lautan bumi yang ada di Indonesia dan Jepang. Tempat ini berada 10.924 meter di bawah permukaan laut. Satu-satunya orang yang pernah mengeksplorasi parit ini adalah Jacques Piccard dan Don Walsh. Ketika itu, mereka mengobservasi ikan, udang, dan makhluk lainnya yang hidup di bawah dasar laut.



Enam

     Gunung Thor terletak di Taman Nasional Auyuittuq di Pulau Baffin, Nunavut, Kanada. Puncak gunung ini sangat dikenal karena memiliki kemiringan yang sangat ekstrem. Itulah mengapa ini sering menjadi tempat favorit para pencari sensasi dan pendaki. Gunung Thor pertama kali didaki pada tahun 1953 oleh tim Arctic Institute of North America.



ke-7

     Cherrapunji adalah sebuah kota di distrik East Khasi Hills di negara bagian Meghalaya, India. Tempat ini disebut sebagai tempat terbasah kedua di bumi. Curah hujan di kota ini mencapai 9.300 mm pada bulan Juli 1861 dan 26.461 mm antara 1 Agustus 1860 dan 31 Juli 1861. Nama asli dari kota ini adalah? Sohra dan kini disebut Cherrapunji atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai tanah jeruk.


yang ke delapan

     Angel Falls sering dipanggil dengan sebutan Salto Angel. Air terjun ini berada di Venezuela dan dikenal sebagai air terjun tertinggi di dunia. Ketinggian Salto Angel mencapai 3230 meter. Angel Falls lebih tepatnya terletak di sebuah anak sungai Rio Caroni. Air terjun ini terbentuk ketika aliran sungai jatuh dari puncak Auyantepui.



9 sembilan

     Tristan de Cunha adalah sebuah pulau berpenghuni paling terpencil di dunia. Pulau ini berada di selatan Samudera Atlantik dan hanya dihuni oleh 272 orang. Penduduk pulau ini kabarnya sering menderita penyakit keturunan seperti asma dan glaukoma. Setelah diduduki oleh Inggris pada tahun 1800-an, penduduk pulau ini akhirnya memiliki kode pos dan bisa belajar bahasa Inggris. Penduduk pulau ini kini dapat memesan barang secara online, namun dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendatangkan pesanan mereka.



The Last! 10

     Sebagian besar orang tahu bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Meski puncak Everest mencapai ketinggian 8.848 meter di atas permukaan laut, tak banyak orang yang tahu bahwa Gunung Chimborazo di Ekuador - dengan ketinggian 6.310 meter - adalah gunung tertinggi di atas pusat bumi. Ini dikarenakan bumi tidak bulat, melainkan oblate spheroid (bulat pepat), dengan bagian terluas berada di khatulistiwa. Nah, Gunung Chimborazo hanya terletak satu derajat di sebelah selatan khatulistiwa bumi atau sekitar 6.384 kilometer di atas pusat bumi. Meski tidak setenar Gunung Everest, Gunung Chimborazo dikenal memiliki kondisi alam yang ekstrem dan sangat minim oksigen.

Oke  sampe disini dulu teman.
Berjumpa lagi di lain waktu!!!!

0 komentar: